Belajar Konsep MVC pada Framework Laravel

Laravel merupakan salah satu framework PHP yang sedang berkembang saat ini, karena update versi dari framework ini terbilang cepat maka dianggap lebih up to date dibanding framework sejenis lainnya. hingga saat ini laravel telah melakukan release versi 7.

Sebelum membahas lebih lanjut, pada tahap awal ini kita akan mencoba mengenal cara kerja atau konsep yang digunakan pada framework laravel. Konsep yang digunakan pada framework ini ialah konsep MVC ( Model-View-Controller )

Apa itu MVC?

MVC adalah konsep arsitektur dalam pembangunan aplikasi berbasis web yang membagi aplikasi web menjadi 3 bagian besar. Yang mana setiap bagian memiliki tugas-tugas serta tanggung jawab masing-masing. Tiga bagian tersebut adalah: model, view dan controller.

  1. Model: Bertugas untuk mengatur, menyiapkan, memanipulasi dan mengorganisasikan data (dari database) sesuai dengan instruksi dari controller.
  2. View: Bertugas untuk menyajikan informasi (yang mudah dimengerti) kepada user sesuai dengan instruksi dari controller.
  3. Controller: Bertugas untuk mengatur apa yang harus dilakukan model, dan view mana yang harus ditampilkan berdasarkan permintaan dari user. Namun, terkadang permintaan dari user tidak selalu memerlukan aksi dari model. Misalnya seperti menampilkan halaman form untuk registrasi user.

Untuk lebih mudah dipahami simak pada gambar berikut ya…

sumber: http://learninfinity.info/creating-your-first-laravel-application/

Kelebihan Laravel

1. Dokumentasi Lengkap

laravel memiliki dokumentasi yang cukup bagus, kita dapat mempelajari Laravel hanya dengan melihat dokumentasinya saja, sebab dokumentasi yang dibuat oleh Laravel tergolong kedalam dokumentasi yang sangat baik, rapi, mudah dan jelas. Kalian bisa lihat dan mulai belajar diĀ https://laravel.com/

2. Forum dan komunitas

Sebelum memilih framework apa yang akan  kalian gunakan, hal yang cukup penting untuk dipertimbangkan adalah forum dan komunitas. Sebab dengan adanya forum dan komunitas anda dapat mudah belajar dan mencari solusi atas setiap permasalahan yang mungkin anda temukan dalam menggunakan frame work tersebut.

3. Fitur

Hal hebat lain yang ada di Laravel adalah  menyediakan fitur yang tidak ditemukan di framework lain. Dengan fitur-fitur yang ada dilaravel membuat pembuatan web aplikasi menjadi lebih mudah dan efisien.

4. Open Source

Banayak framework open source diluar sana, contohnya Codeigniter, Symphoni dan lain sebagainya. Laravel adalah framework open source yang dapat digunakan oleh semua orang, sangat bagus untuk membuat website yang besar dan kompleks dengan mudah. Hanya dengan text editor dan web server yang telah terinstall PHP untuk memulai.

5. Arsitektur MVC

Selain dapat memudahkan pekerjaan, arsitektur MVC juga dapat meningkatkan performace. Dengan menggunakan Arsitektur MVC dalam development kita dapat membuat struktur kode menjadi lebih rapi, dimana pola tersebut memisahkan antara logika dengan tampilan.

Untuk mencoba memulai belajar laravel simak Cara Install Laravel 7 Menggunakan Composer pada artikel sebelumnya.